Modul  ini merupakan modul tunggal dari blok kegawatdaruratan medik yang diberikan pada mahasiswa tahun ketiga (semester V). Modul ini  merupakan integrasi dari beberapa disiplin ilmu baik kedokteran umum mapun kedokteran gigi. Keterkaitan ilmu kedokteran gigi dengan ilmu dasar kedokteran umum, khususnya dalam bidang bedah harus diberikan kepada mahasiswa dengan harapan agar mahasiswa dapat memahami dan melakukan ketrampilan klinik kedokteran gigi dengan menggunakan dasar keilmuan dari kedokteran umum dan kedokteran gigi. Beberapa bidang ilmu terkait dengan modul pembelajaran ini yaitu ilmu bedah mulut, ilmu konservasi gigi, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu penyakit saraf, ilmu bedah umum, ilmu penyakit dalam, dan ilmu anastesi.

Modul Kehamilan dan Persalinan merupakan modul pertama dari tiga modul yang  akan dibahas pada Blok Sistim Reproduksi. Modul ini  membicarakan tentang proses kehamilan dan persalinan normal serta masalah kesehatan yang timbul dalam kehamilan dan persalinan, yang nantinya banyak ditemukan dalam pelayanan primer seorang dokter. Dengan mempelajari modul ini mahasiswa juga diharapkan memperoleh pengetahuan tentang  penanganan yang diperlukan ditingkat layanan primer dalam menghadapi pasien sehubungan dengan kehamilan, persalinan, dan nifas serta hal2 yang berhubungan dengan kondisi bayi yang dilahirkan.

Mahasiswa yang akan mengikuti modul ini adalah mahasiswa semester 5, yang sudah membahas beberapa modul terkait sebelumnya seperti ketidakseimbangan hormonal, dan gangguan sistim urogenital. Beberapa sasaran pembelajaran telah ditetapkan dan untuk mencapai sasaran pembelajaran ini, materi dalam modul ini melibatkan beberapa bagian yang saling terkait yaitu Patologi Klinik, Farmakologi, Obstetri Ginekologi, Ilmu Kesehatan Anak/Perinatologi, Neurologi, Psikiatri, Anastesi dan Gizi. 

Disamping itu, ada  3 skenario yang akan dibahas dalam modul ini untuk mendorong mahasiswa belajar dan mencari jawaban atas masalah yang ada dengan pendekatan ilmiah, menggunakan strategi pembelajaran ”Problem-Based Learning” (PBL) yang meliputi kegiatan tutorial, belajar mandiri, mencari informasi dari pakar, buku, jurnal di perpustakaan dan artikel ilmiah melalui internet dan hasil belajar ini akan dipresentasikan pada minggu terakhir modul ini.

Fokus modul Keperawatan Komunitas II adalah konsep dasar keperawatan gerontik, teori-teori biologis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual pada proses penuaan dan standar keperawatan gerontik. Penerapannya pada asuhan keperawatan gerontik pada lansia dengan masalah kesehatan fisik, psikososial, kultural dan spiritual yang lazim; asuhan keperawatan gerontik pada lanjut usia menjelang ajal; strategi promosi kesehatan dan kesejahteraan lansia; dan dukungan terhadap orang yang terlibat dalam perawatan lansia.