CAPAIAN PEMBELAJARAN:       
  • Mampu menguasai berbagai teori, dalil, hukum, konsep ataupun prinsip-prinsip yang terkait dengan berbagai ilmu pengetahuan, dan aplikasinya secara metodologis dalam teori bahasa/linguistik, baik secara mikro, makro, dan sejarahnya. Sub:mampu menguasai berbagai teori, dalil, konsep yang terkait dengan semiotik dan aplikasinya secara metodologi dalam teori linguistik, baik secara mikro, makro, ataupun sejarahnya.
  • Mampu melakukan pendalaman dan perluasan dalam  bahasa/linguistik dengan menghasilkan teori yang akurat, teruji, dan  inovatif. Sub: mampu melakukan pendalaman dan perluasan keilmuan semiotika  dalam bidang   interdisipline secara akurat, teruji, dan inovatif.
  • Mampu memecahkan masalah  ipteks terkait dengan permasalahan bahasa/linguistik melalui pendekatan eksperimental dan/atau deduksi teoretis secara inter- atau multidisiplin, dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk diaplikasikan dalam memecahkan masalah tersebut. Sub: mampu menjelaskan berbagai materi kajian semiotika dengan pendekatan yang bersifat inter-  atau multidisiplin.
  • Mengembangkan kemanfaatan keilmuan bahasa/linguistik untuk diaplikasikan pada lingkup yang lebih luas; mikro, makro dan sejarahnya. Sub: mampu mengaplikasikan  keilmuan  semiotika dalam berbagai telaah/pengkajian  agar bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.  

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai berbagai teori Linguistik dan dapat mengaplikasikan dalam menganalisis bahasa.

Mata kuliah ini memuat konsep-konsep dasar mengenai teori Linguistik, dimulai dari aliran strukturalisme yang digagas oleh Ferdinand de Saussure, kemudian dilanjutkan dengan teori-teori strukturalisme yang dicetuskan oleh ahli yang lain seperti Bloomfield dan pengikutnya yang disebut Bloomfieldian. Tata bahasa generetif Chomsky, Aliran Praha, dan Hipotesis Sapir Whorf adalah materi pembelajan pada mata kuliah ini.


Mahasiswa diharapkan mampu menguasai berbagai teori Linguistik dan dapat mengaplikasikan dalam menganalisis bahasa.

Mata kulian ini memuat konsep-konsep dasar mengenai teori Linguistik, dimulai dari aliran strukturalisme yang digagas oleh Ferdinand de Saussure, kemudian dilanjutkan dengan teori-teori strukturalisme yang dicetuskan oleh ahli yang lain seperti Bloomfield dan pengikutnya yang disebut Bloomfieldian. Tata bahasa generetif Chomsky, Aliran Praha, dan Hipotesis Sapir Whorf adalah materi pembelajan pada mata kuliah ini.

Mata Kuliah Kemahiran Bahasa Indonesia 1 merupakan mata kuliah umum wajib untuk semua  Jurusan    di Fakultas Ilmu Budaya yang  secara komprehensif membahas kaidah-kaidah bahasa Indonesia, yaitu fungsi dan ragam bahasa, ejaan yang disempurnakan, bentuk dan makna, diksi, kalimat serta paragraf, dan penalaran.

Mata kuliah ini mengantar mahasiswa untuk memahami sintaksis bahasa Indonesia lewat kegiatan menjabarkan berbagai ragam kalimatnya dengan pendekatan struktural, yang mengutamakan pengenalan komponen-komponennya dan bagaimana komponen-komonen itu disusun dalam kalimat, dan pendekatan fungsional, untuk menemukan rumus/formulasi dengan kalimat-kalimat bahasa Indonesia.