Capaian pembelajaran:
Mampu menjelaskan istilah, kedudukan, dan peranan Linguistik sebagai ilmu pembidangan bahasa, ciri-ciri universal bahasa, konsep-konsep dasar Linguistik secara umum dan Linguistik Jerman  secara khusus.
Sub : Mampu menjelaskan istilah-istilah Linguistik secara umum ,dan menerapkan konsep-konsep dasar linguistik, serta melakukan analisis dasar  pada bidang Fonetik/Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik.

Mata kuliah ini disajikan pada mahasiswa semester I dengan beban SKS sebanyak 2 SKS.  Mata kuliah ini dilaksanakan sebanyak 16X tatap muka. Dalam mata kuliah ini disajikan tentang istilah, kedudukan, dan peranan linguistik sebagai ilmu, pembidangan bahasa, ciri-ciri universal bahasa, konsep,konsep dasar Linguistik secara umum dan linguistik Jerman secara khusus. Setelah selesai mata kuliah ini , mahasiswa mampu

- menjelaskan, tentang istilah, kedudukan, dan peranan linguistik sebagai ilmu, pembidangan bahasa, ciri-ciri universal bahasa, konsep,konsep dasar Linguistik secara umum dan linguistik Jerman secara khusus.

- mampu melakukan analisis dasar pada bidang Fonetik, Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik.