Blok Gastro-Entero_Hepatik terdiri dari tiga modul yaitu Saluran Cerna Atas, Saluran Cerna Bawah, serta Hati, Empedu, dan Pankreas.  Modul Hati, Empedu, Pankreas dan Gangguannya merupakan modul ketiga  yang akan dilaksanakan dalam semester 4 selama 10 hari kerja.

Modul ini diharapkan dapat merupakan pendorong pembelajaran mahasiswa untuk memahami mekanisme dasar dari penyakit pada hati, empedu dan pankreas. Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan penyakit pada hati, empedu dan pankreas, yaitu dasar anatomi, histologi dari sistem hepatobilier, penyebab, patomekanisme terjadinya kelainan metabolisme dan obstruksi saluran hepatobilier, kelainan sel dan jaringan yang terjadi, serta cara penularan dan pencegahannya.

Kompetensi yang hendak dicapai dalam  modul ini yaitu: mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan merancang penyelesaian masalah kesehatan terkait Hati, Empedu, dan Pankreas secara ilmiah menurut ilmu kedokteran kesehatan mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.

Modul  ini  merupakan modul pertama dari tiga modul yang  akan dibahas pada Sistim Gastrohepatologi. Modul ini  diangkat mengingat banyaknya masalah kesehatan saluran cerna dengan keluhan seperti nyeri, rasa tidak nyaman di epigastrium, mual, muntah (ada yang sampai mengandung darah), cepat kenyang, perut penuh, regurgitasi, sendawa dan rasa panas yang menjalar ke dada.  Keluhan2 ini boleh disebabkan oleh banyak faktor  dari beberapa organ terkait seperti esofagus, lambung, dan duodenum, yang nantinya banyak ditemukan dalam pelayanan primer seorang dokter