Mata kuliah ini akan membahas tentang Definisi Dan Konsep Pemberdayaan Masyarakat Desa, Berbagai Pendekatan Dalam Pembangunan Masyarakat, Strategi dan Metode Pemberdayaan Masyarakat, serta Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Desa. 

CAPAIAN PEMBELAJARAN :

a.       Menguasai dengan menjelaskan Ruang Lingkup, Pengertian Akuntansi dan berbagai pengertian dasar mengenai biaya Biaya serta sasarannya.

b.      Mampu menjelaskan dan menguasai metode Pengumpulan Biaya dalam suatu perusahaan berdasarkan pesanana/order.

c.       Mampu menjelaskan pengertian Biaya, menguasai lebih mendalam tentang penentuan tarif Biaya Overhead Pabrik, Biaya Bahan Baku, dan Biaya Tenaga Kerja serta dapat mengaplikasikannya dalam perusahaan yang menjalankan produksinya melalui departemen produksi.

d.      Mampu menjelaskan dan menguasai metode Pengumpulan Biaya Produksi serta dapat menyusun Laporan Biaya Produksi suatu Perusahaan secara massa.

e.       Mampu menjelaskan tujuan penggunaan, tolak ukur pengendalian Sistem Biaya Taksiran dan Sistem Biaya Standar.

f.       Mampu menjelaskan pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban, mengetahui manfaat dan kelemahan dari Metode Variable Costing.

g.      Mampu menjelaskan manfaat Informasi Akuntansi Diferensial, memahami pengertian dan mampu menentukan Pola Perilaku Biaya.


Mata Kuliah Sistem Perwakilan Politik mengkaji aspek sejarah perkembangan parlemen, konsepsi perwakilan politik, lembaga-lembaga perwakilan di Indonesia, fungsi badan perwakilan, sistem-sistem pemilu, dan fungsi, keanggotaan, pengorganisasian lembaga perwakilan

Mata kuliah ini merupakan bagian pertama dari dua bagian perkuliahan yang mempelajari tentang aspek-aspek manajemen sumber daya manusia dibidang bisnis. Beberapa materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah Tantangan SDM di era globalisasi, perencanaan strategis SDM, keragaman dan peluang kerja, analisa jabatan dan disain kerja, rekruitmen dan seleksi, pengembangan SDM, dan penilaian kinerja

Mata kuliah Perilaku Organisasi dilaksanakan dalam 14-16 kali tatap muka dalam satu semester.  Materi kuliah ini meliputi ruang lingkup perilaku organisasi, teori-teori perilaku individu, kelompok dan organisasi. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, tugas mandiri dan kelompok, tinjauan lapangan.