Mata kuliah Listrik Magnet merupakan MK wajib yang disajikan pada semester ganjil tahun ke-3 di PS Fisika. Mata kuliah ini mencakup materi teori kelistrikan dan kemagnetan hingga aplikasinya pada bahan. Pada bagian akhir perkuliahan mahasiswa diwajibkan untuk melakukan kajian dengan menganalisis kasus sifat kelistrikan dan kemagnetan pada suatu bahan.

Matakuliah Metode dan Analisis Data Geofisika membahas tentang berbagai metode eksplorasi geofisika, eksplorasi elektromagnetik meliputi: metode geomagnetik, metode very low frequency, metode magnetotellurik, metode resistivitas, metode potensial diri, metode Mise-A-La-Masse, metode polarisasi terinduksi; metode gravitasi; metode sismik refraksi dan metode GPS

Matakuliah Pengantar Fisika Matematika membahas konsep dasar Fungsi, Turunan, Integral, Analisa Vektor, Sistem Koordinat dan Metode Numerik. Materi-materi tersebut merupakan dasar bagi pembahasan materi yang sama pada tingkat lanjut. Pembahasan juga diarahkan pada pemahaman fisis dan penggunaan konsep dalam menyelesaikan kasus-kasus fisis.