Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Latar belakang

Mata Kuliah SEJARAH INDONESIA adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa di Jurusan Ilmu Sejarah. Terkait program pengembangan dan penyusunan model pembelajaran yang diselenggarakan oleh Universitas Sam Ratuangi melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Perndidikan (LP3), maka sebagai pengampu mata kuliah ini inisiatif untuk menyusun materi pembelajaran berbentuk E Learning Multimedia pun dipandang penting untuk dilakukan. Alasannya yakni menununjuk pada kondisi bahwa selain karena kepentingannya – sehingga dikatagorikan sebagai mata kuliah wajib – juga berhubung belum adanya bahan ajar yang dapat digunakan untuk memandu jalannya proses belajar mengajar.

 

Tujuan

Tujuan penyusunan e-Learning Multimedia ini tentunya adalah untuk mempermudah jalannya proses pembelajaran. Dengan berpedoman pada panduan penyusunan dari LP3 maka urutan yang sistematis sekaligus memenuhi persyaratan didaktik dan metodik pun akan dapat dihadirkan. Termasuk dalam kaitan akan dapat dihadirkannya konten atau materi yang komprehensif sekaligus praktis untuk diimplementasikan dalam program e-learning.

 

Manfaat Modul E-Learning Multimedia

            Manfaat yang dapat dihasilkan dari penyusunan Modul E- Learning Multimedia ini ialah efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran mata kuliah Sejarah Indonesia. Penggunaan konten multimedia akan membantu Mahasiswa dan juga dosen untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran sejarah. Secara khusus dalam pembelajaran sejarah, penggunaan media dan konten multimedia akan merupabh secara signifikan konsep pengajaran dan pembelajaran sejarah yang dahulu masih berupa penyampaian lisan maupun dengan pembacaan teks.


CAPAIAN PEMBELAJARAN:       

a.       menguasai konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan mengenai Sejarah Indonesia secara umum

Sub: menguasai konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi; pengetahuan kesejarahan dalam Sejarah Indonesia

b.      mampu melakukan analisis dalam rangka merekonstruksi Sejarah Indonesia berdasarkan periodisasi.

sub: -    mampu menjelaskan mengenai kondisi umum dari masyarakat Indonesia pada periode Hindu Budha dan kedatangan

 Islam

-          mampu menjelaskan mengenai pengaruh kolonialisme Barat di Indonesia (Spanyol, Portugis, Belanda dan Inggris)

-          mampu menjelaskan periode Kebangkitan Nasional Indonesia abad XIX dan awal abad XX

-          mampu menjelaskan mengenai cakupan peristiwa dalam sejarah Indonesia secara umum pada periode sesudah kemerdekaan sampai masa awal reformasi

c.       mampu mengembangkan pemahaman terhadap proses kesejarahan Indonesia

d.      mampu menerapkan topik-topik yang dibahas ke dalam tulisan ilmiah