E-Learning sederhana ini dibuat untuk memudahkan mahasiswa belajar daring jarak jauh di masa Pandemi Covid-19.  Siklus Manajemen Obat merupakan bagian topik dari Mata Kuliah Manajemen Farmasi Rumah Sakit. E-Learning dengan judul "Siklus Manajemen Obat" membahas tentang tahapan pengelolaan obat sesuai Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. 


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada PS Fisika dengan bobot 2SKS. Prasyarat untuk mengikuti mata kuliah ini adalah pernah mengambil mata kuliah Pengantar Fisika Matematika. Kajian  Mekanika Analitik  yang akan dipelajari adalah: Dinamika Sistim Partikel,  Benda Tegar, Rotasi Benda Tegar, Persamaan Lagrange dan Hamilton, Sistim Berosilasi

Metabolisme Tumbuhan merupakan mata kuliah pilihan pada program studi biologi. Mata kuliah ini dilengkapi dengan modul e-learning sebagai upaya pembelajaran yang efektif dan efisien  dan berkelanjutan. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah ­student centered learning (SCL) dengan fliiped classroom sehingga para mahasiswa sudah mempelajari materi perkuliahan sebelum pelaksanaan pembelajaran kelas atau lapangan. materi pembelajaran atau bahan kajian meliputi:  konsep dasar metabolisme tumbuhan, hubungan metabolisme primer dengan metabolisme sekunder, metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, metabolisme lemak/lipid, metabolit sekunder tumbuhan, jalur biosintesis metabolit sekunder, penggolongan metabolit sekunder, teknik produksi metabolit sekunder, ekstraksi metabolit sekunder, identifikasi metabolit sekunder, uji antioksidan metabolit tumbuhan, uji antikolesterol metabolit tumbuhan, uji bioaktivitas antikanker metabolit tumbuhan.

 Secara garis Besar capaian pembelajarannya adalah:

Menjelaskan konsep dasar Metabolisme Tumbuhan

Menganalisis nilai-nilai Metabolisme Tumbuhan

Menjelaskan manfaat Metabolisme Tumbuhan bagi kehidupan sehari-hari

Menjelaskan latar belakang terjadinya Metabolisme Tumbuhantingkat spesies dan menerapkannya dalam praktek.

Menjelaskan konsep dasar Metabolisme Tumbuhan dalam kultur jaringan untuk prdoduksi metabolit sekunder

Melakukan cara menguji metabolit sekunder sebagai antikolesterol.

Menganalisis Metabolit sekunder yang mempunyai aktivitas sebagai antioksidan

Menghitung IC 50 penghambatan oksidasi pada metabolit sekunder berperan sebagai antioksidan.


Algoritma dan Struktur Data adalah Matakuliah yang  meletakan dasar pemikiran terstruktur , sistematis dan logis untuk memecahakan persoalan-persoalan dalam dunia nyata sehingga mamasiswa mampu mendisain suatu solusi pemecahan masalah dalam bentuk suatu algoritma dan megimplementasikan dalam program computer menggunakan struktur data yang sesuai untuk pemecahan masalah tersebut.

Mata Kuliah Biologi Dasar 2 merupakan mata kuliah penciri/muatan FMIPA dengan beban 3 (2-1) sks. Mata kuliah ini mencakup bahan kajian biologi hewan, klasifikasi makhluk hidup, dan ekologi. Pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada perencanaan pembelajaran (RPS dan Rancangan Tugas) yang dilengkapi dengan materi pembelajaran dan praktikum dalam e-modul sehingga pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Biologi Konservasi yang efektif dan efisien. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah Student Centered Learning (SCL) sehingga mahasiswa diharapkan sudah membaca dengan seksama rancangan tugas serta pustaka-pustaka yang diacu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.