M

ata kuliah Pengantar Ilmu Pertanian akan membahas tentang (1) Ilmu Pertanian secara umum (sejarah pertanian, agribisnis, agroindustri dan agroteknologi); (2) tanah sebagai media tanam; (3) budidaya pertanian, dan (4) perlindungan tanaman dari hama dan penyakit.

Dengan mempelajari Buku Ajar mata kuliah ini, Anda akan dapat menjelaskan pengertian pertanian dalam arti luas serta kontribusi sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi nasional. Untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut diharapkan keaktifan Anda untuk membaca literatur lain yang relevan, sehingga pemahaman tentang pertanian dalam arti luas menjadi lebih baik.

Susunan judul modul yang harus Anda pelajari dan kuasai dalam mata kuliah ini adalah sebagai berikut.

Modul 1,     membahas mengenai pengertian ilmu pertanian secara umum. Modul ini terdiri dari lima materi pembelajaran. Materi pembelajaran 1 membahas pengertian ilmu pertanian. Materi pembelajaran 2 membahas tentang selayang pandang perkembangan pertanian. Materi pembelajaran 3 membahas tentang pertanian di Indonesia dari masa ke masa. Materi pembelajaran 4 membahas tentang pengembangan agrobisnis dan agroindustry. Materi pembelajaran 5 membahas tentang pengembangan agroteknologi di Indonesia.

Modul 2,     membahas mengenai tanah sebagai media tanam. Modul ini memiliki satu materi pembelajaran, yakni membahas tanah sebagai media tanam.

Modul 3,     membahas mengenai budidaya pertanian. Modul ini memiliki satu materi pembelajaran, yakni membahas budidaya pertanian.

Modul 4,     membahas mengenai perlindungan tanaman dari hama dan penyakit. Modul ini memiliki satu materi pembelajaran, yakni membahas mengenai perlindungan tanaman dari hama dan penyakit.

 

Cara mempelajari Buku Ajar Pengantar Ilmu Pertanian adalah:

1.      Pelajari modul-modul yang ada pada Buku Ajar ini dengan sebaik-baiknya, kemudia mendiskusikannya dengan teman Anda.

2.      Kerjakan soal-soal yang ada pada latihan dan tes formatif. Bila Anda telah selesai mengerjakannya, bandingkan jawaban Anda dengan jawaban yang ada pada akhir setiap modul.

 

Selamat belajar dan mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kemudahan kepada Anda dalam mempelajari Buku Ajar ini. Amin.