Modul Gangguan Sistem Kardiovaskular merupakan Blok ke-2 yaitu Blok Kardiovaskular yang diberikan pada mahasiswa Semester-3 Fakultas Kedokteran UNSRAT. 

            Cakupan bahasan dari modul “Gangguan Sistem Kardiovaskular” melibatkan beberapa bagian yang terintegrasi dalam modul, antara lain bagian Penyakit Anak, bagian Penyakit Dalam, bagian Kardiologi, bagian Fisiologi, bagian Farmakologi. Modul ini mengutamakan pembelajaran aktif mahasiswa (Student centered) dan menggunakan  metode pembelajaran berdasarkan masalah.  

            Mahasiswa dapat mempelajari berbagai masalah gangguan jantung yang dapat memicu terjadinya Gangguan Sistem Kardiovaskular, termasuk fisiologi,  proses biokimia kelainan dan penyakit Jantung, menjelaskan penyebab, patomekanisme Gangguan Sistem Kardiovaskular, mengenali gejala dan tanda Gangguan Sistem Kardiovaskular,  serta penatalaksanaannya. Mengetahui komplikasi, epidemiologi dan cara pencegahan kelainan dan penyakit Jantung yang ditinjau dari berbagai bidang ilmu secara terintegrasi sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tentang Gangguan Sistem Kardiovaskular secara komprehensif dan mendalam.

            Modul Gangguan Sistem Kardiovaskular ini disusun oleh suatu tim yang anggotanya terdiri atas gabungan staf preklinik dan klinik untuk menjamin terbinanya integrasi ilmu secara horisontal dan vertikal. Dengan menyelesaikan modul ini, diharapkan mahasiswa mampu  menjelaskan:

  1. Fisiologi, biokimia, patofisiologi gangguan sistem kardiovaskular.
  2. Masalah gangguan sistem kardiovaskular yang sering ditemukan.   
  3. Dasar penatalaksanaan masalah gangguan sistem kardiovaskular secara holistik termasuk komunikasi efektif, dasar teknologi penanganan gangguan sistem kardiovaskular, serta masalah gangguan-gangguan dan kelainan jantung dalam komunitas.  

Modul ini dengan  kode GR315  akan  dilakasanakan  dalam  waktu 3  minggu  dengan  bobot  3  SKS  yang  disusun dalam bentuk time table.  Proses pembelajaran modul ini meliputi kuliah pakar, diskusi tutorial dan mandiri, tugas mandiri dan kelompok, dan juga skill lab. Pada akhir modul ini dilakukan diskusi pleno dan  evaluasi akhir, yang terdiri dari evaluasi  modul  dalam bentuk MCQ. Kompetensi yang akan dicapai sesuai  Pokja Standar Pendidikan  Dokter Indonesia tahun 2012.