Komputer dan masyarakat (computers in civilization) merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di Prodi Informatika Unsrat, mengapa komputer dihubungkan dengan masyarakat? mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru

Outpu yang diharapakan untuk mahasiswa yakni agar mahasiswa dapat memahami kaitan antara komputer dan masyarakat serta interaksi keduanya di dalam kehidupan sehari-hari.

Kuliah ini disajikan dengan penambahan informasi dan perkembangan teknologi saat ini, disertai dengan tambahan beberapa referensi dari jurnal, paper ilmiah, dan materi kuliah.