TFenomena eBisnis tidak dapat disangkal telah menjadi tren yang mewarnai
aktivitas bisnis di negara-negara maju maupun berkembang. Secara prinsip
eBisnis mempelajari tentang bagaimana teknologi digital digunakan sebagai media
untuk mencapai proses dan sistem bisnis menjadi lebih baik dibandingkan dengan
cara-cara konvensial, terutama dilihat dari manfaat yang dapat dirasakan oleh
pihak stakeholders. Mata Kuliah eBisnis membahas tentang konsep sistem
informasi, bagaimana informasi dan system informasi berperan dalam pengembangan
bisnis organisasi profit dan non profit. Teknologi digital apa saja yang
tersedia untuk mendukung pengembangan proses dan bisnis organisasi dan
bagaimana mengembangkan dan mengelola proses dan bisnis organisasi secara
elektronik. Cakupuan materi diantaranya perencanaan eBisnis, model eBisnis dan
arsitektur infrastruktur pendukung, Enterprise Resource Planning (ERP),
eCommerce, Electronic Customer Relation Management (eCRM), e-Supply Chain
Management (e-SCM), e-Procurement, dan Strategi Pengembangan eBisnis.
- Dosen Pengampu: Stanley Karouw
- Dosen Pengampu: Ade yusupa