Desain Sistem Kendali 1 merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa elektro peminatan Teknik Kendali, Desain Sistem Kendali ini dibagi kedalam 2 semester dimana pada semester ini  (DSK-1) mahasiswa akan dibekali cara untuk mendesain sistem kendali  dengan Single Input Single Output (SISO), sedangkan pada semester selanjutnya (DSK-2) mahasiswa akan dibekali cara untuk mendesain sistem kendali Multi Input Multi Output (MIMO).

Pada paruh pertama DSK-1 semester ini, mahasiswa akan mendalami cara mendesain sebuah sistem kendali mulai dari persamaan-persamaan matematika kemudian dilanjutkan dengan simulasi dengan bantuan software simulasi MAtlab ataupun Python, dan paruh kedua semester mahasiswa akan mengimplementasikan hasil desain sistem kendali kedalam bentuk sistem yang nyata, sehingga pengaruh gangguan terhadap sistem yang di desain dapat dirasakan secara nyata dan real-time.

PID Controller masih menjadi pilihan dalam desain sistem pada MK ini, mengingat seorang control engineer harus memiliki pemahaman yang kuat terhadap PID Controller. Selain itu juga penggunaan PID Controller masih relevan didunia industri sampai saat ini.