Mata Kuliah Pengolahan Citra Digital atau dikenal juga dengan Digital Image Processing, adalah MK untuk Prodi Teknik Elektro semester 7 yang mencover 2 peminatan pada Prodi Elektro. MK ini terdiri dari 2 SKS untuk teori(dengsn kode MK: EC7404) dan 1 SKS untuk Praktikum(dengsn kode MK: EC7422).

Untuk berselanjar dengan mulus pada MK ini,  dibutuhkan pengetahuan awal tentang programming seperti:  Operasi matriks, pengulangan bersarang (nested loop).

Pada mata kuliah ini akan diajarkan dan dipraktekan teknik dasar pengolahan citra, dari citra statik sampai dengan citra bergerak. Bahasa pemrograman Python beserta contoh-contoh kode program python akan digunakan sebagai panduan utama , namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa dapat menggunakan bahasa pemrograman lain yang dikuasai, sejauh mahasiswa dapat memasukkan gambar dalam program(memory) dan menampilkannya ke monitor, selebihnya algoritma dan teknik pengolhan citra yang akan diterapkan mengacu pada perhitungan dan operasi array(larik) berdimesi-2(bidang kartesian) dan berdimensi-3(tridi).

Pada akhir perkuliahan mahasiswa akan mempresentasikan project mereka di bidang PCD ini dengan mengimplementasikan algoritma-algoritma pengolhalan citra digital yang sudah di pelajari.

let's make it fun..