Metoda pembelajaran yang digunakan pada Modul Kedokteran Komunitas ialah pengajaran aktif mandiri (student-centered), terintegrasi secara vertikal, berbasis kompetensi dengan menggunakan pendekatan metode pembelajaran berdasarkan masalah atau problem- based learning (PBL).
STRATEGI PEMBELAJARAN
- Kuliah Pakar dalam kelas besar,
- Diskusi kelompok yang difasilitasi oleh tutor
- Diskusi Mandiri
- Tugas Mandiri
- Konsultasi pada pakar/nara sumber
- Aktifitas pembelajaran individual dengan menggunakan bahan acuan Tim Pakar, Text Book, majalah, Slide, Video, internet, dll.
PROSES PEMECAHAN MASALAH
Dalam melaksanakan PBL, ada 7 (tujuh) langkah (The Seven Jump) yang biasa ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui diskusi kelompok yaitu:
- Menjelaskan istilah dan konsep.
- Menetapkan masalah/problem dasar pada skenario dan membuat pertanyaan untuk membantu menetukan masalah yang ada.
- Menganalisis masalah dengan cara menjawab pertanyaan pada nomor 2 (tanpa literatur).
- Menarik kesimpulan dari langkah ketiga.
- Merumuskan sasaran/sumber belajar.
- Mengumpulkan informasi tambahan baik dari perpustakaan, internet, dsb.
- Menyampaikan kesimpulan akhir
Penjelasan:
Bila dari hasil evaluasi laporan kelompok ternyata masih ada informasi yang diperlukan untuk sampai pada kesimpulan akhir maka langkah 5 dan 6 dapat diulangi dan selanjutnya dilakukan lagi langkah 7.