Metoda pembelajaran yang digunakan pada Modul Kedokteran Komunitas ialah pengajaran aktif mandiri (student-centered), terintegrasi secara vertikal, berbasis kompetensi dengan menggunakan pendekatan metode pembelajaran berdasarkan masalah atau problem- based learning (PBL).

STRATEGI PEMBELAJARAN

  1. Kuliah Pakar dalam kelas besar,
  2. Diskusi kelompok yang difasilitasi oleh tutor
  3. Diskusi Mandiri
  4. Tugas Mandiri
  5. Konsultasi pada pakar/nara sumber
  6. Aktifitas pembelajaran individual dengan menggunakan bahan acuan Tim Pakar, Text Book, majalah, Slide, Video, internet, dll.

 PROSES PEMECAHAN MASALAH

Dalam melaksanakan PBL, ada 7 (tujuh) langkah (The Seven Jump) yang biasa ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui diskusi kelompok yaitu:

  1. Menjelaskan istilah dan konsep.
  2. Menetapkan masalah/problem dasar pada skenario dan membuat pertanyaan untuk membantu menetukan masalah yang ada.
  3. Menganalisis masalah dengan cara menjawab pertanyaan pada nomor 2 (tanpa literatur).
  4. Menarik kesimpulan dari langkah ketiga.
  5. Merumuskan sasaran/sumber belajar.
  6. Mengumpulkan informasi tambahan baik dari perpustakaan, internet, dsb.
  7. Menyampaikan kesimpulan akhir

Penjelasan:

Bila dari hasil evaluasi laporan kelompok ternyata masih ada informasi yang diperlukan untuk sampai pada kesimpulan akhir maka langkah 5 dan 6 dapat diulangi dan selanjutnya dilakukan lagi langkah 7.