Modul Gangguan Sistem Muskuloskeletal ini untuk mahasiswa semester 4. Modul ini membahas etiologi, patofisiologi, pemeriksaan, diagnosa, terapi dan rehabilitasi gangguan muskuloskeletal. Modul ini saling terkait dengan yang diberikan pada semester 2, yakni modul sistem saraf dan muskuloskeletal. Modul ini akan dilaksanakan dalam waktu 3 minggu diantaranya ada 4 kali tutorial
Modul ini merangkum topik Gangguan Sistem Muskuloskeletal dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) tahun 2012. Dalam SKDI 2012 sendiri, terdapat 38 daftar masalah muskuloskeletal, 33 keterampilan klinis muskuloskeletal yang harus diketahui atau dikuasai dalam berbagai tingkatan. Capaian pembelajaran lulusan/prodi ini diambil dari komponen kompetensi dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) tahun 2012 di atas dan dari lampiran sikap dan keterampilan umum Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) tahun 2015.
Strategi pembelajaran modul ini adalah “Problem - Based Learning” (PBL) yang meliputi kegiatan tutorial, belajar mandiri, serta mencari informasi dari pakar, literatur ilmiah di perpustakaan, dan artikel ilmiah melalui internet. Untuk pencarian di internet, mahasiswa FK Unsrat sudah dapat memanfaatkan layanan peramban artikel medis/perpustakaan digital ClinicalKey berbayar dari Elsevier yang dapat diakses secara gratis.