Mata kuliah Statika di ajarkan di semester 1 program studi teknik sipil, merupakan mata kuliah dasar/ permulaan  bagi mahasiswa teknik sipil sebelum mempelajari mata kuliah yang lain yang akan dipelajari pada semester selanjutnya. Pengetahuan mata kuliah Statika diperlukan untuk mempelajari mata kuliah Struktur Baja, Struktur Beton, Struktur Kayu, Teknik Pondasi, Dermaga/ Pelabuhan, Perkerasan Jalan Raya, Perkerasan Lapangan Terbang, dan lain-lain. Mata Kuliah Statika merupakan mata kuliah dasar hampir semua mata kuliah dalam keteknikan sipil dan menjadi Mata Kuliah Prasyarat sebelum mempelajari mata kuliah yang lain. 

Mata Kuliah Statika terdiri  dari 3 bagian yaitu memadukan, menguraikan dan keseimbangan gaya, - Perhitungan reaksi tumpuan dan menggambar gaya-gaya dalam konstruksi statis tertentu,- Perhitungan reaksi tumpuan dan menggambar gaya-gaya dalam konstruksi balok gerber. 

Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menghitung dan menggambar gaya-gaya dalam balok statis tertentu dan balok gerber.