Menjelaskan ruang lingkup metode penelitian bisnis dengan orientasi topik manajemen operasional (produksi dan operasi); menentukan topik-topik penelitian bidang: manajemen operasional (produksi dan operasi); merumuskan permasalahan dan judul penelitian manajemen operasional (produksi dan operasi); menulis tinjauan pustaka; meringkas penelitian terdahulu, dan menguraikan hubungan antar variable sekaligus merumuskan hipotesis (proposisi), serta mengambarkan kerangka konseptual penelitian manajemen operasional (produksi dan operasi); menulis metode penelitian manajemen operasional (produksi dan operasi): menguraikan pendekatan penelitian, menetapkan populasi, besaran sampel, dan teknik sampling, menetapkan jenis dan sumber data, serta teknik pengumpulan data, merumuskan definisi operasional variable, dan melakukan pengujian instrumen peneltian, dan analisis data penelitian.


This course is designed to provide students with basic knowledge about corporate management, in order to achieve the main objective of Financial Management, namely maximizing company value. The material discussed in this course begins with an introduction to the basic concepts of financial management, financial statement analysis, working capital management, time value of money, capital budgeting, short-term funding decisions, medium-term funding decisions and long-term funding decisions, capital structure and dividend policy. and other forms of restructuring

Manajemen Operasi Internasional pada hakikatnya merupakan praktik bisnis yang dilakukan secara global. Pada Kursus ini akan dibahas bukan hanya manajemen operasi saja, namun  akan membahas mengenai Perdagangan Internasional, Bisnis Internasional, Manajemen Lintas Budaya, Teknologi, Etika dalam operasi internasional, sampai pada peluang perbaikan kinerja, baik kinerja operasi, maupun kinerja supply chain, namum penenkanannya juga pada bagaimana suatu perusahaan dapat bertahan dan berkembang. oleh karena itu efisiensi dalam memperoleh faktor-faktor produksi menjadi kajian dalam kursus ini. Efisiensi dangat ditentukan oleh penyerapan produk, pasar luar negeri dan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan manajemen operasi internasional.