Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi.
- Teacher: Marline Sofiana Paendong
Mata Kuliah Metode Statistika merupakan mata
kuliah penciri/muatan bidang Statistika dengan beban 3 (3-0) sks. Mata kuliah
ini membahas mengenai: 1) statistika deskripsi yang mencakup: skala pengukuran
data, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, penyajian data secara grafik; 2)
penduga titik dan penduga selang (selang kepercayaan); 3) pengujian hipotesis
yang mencakup: uji rata-rata satu populasi dan dua populasi, uji proporsi satu
dan dua populasi, uji khikuadrat dan uji kehomogenan ragam; 4) analisis regresi
linier sederhana dan korelasi; serta 5) rancangan percobaan dengan satu faktor. Metode pembelajaran yang digunakan, yaitu Student Centre Learning (SCL)
- Teacher: DJONI HATIDJA
Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi.
- Teacher: Winsy Weku
Modul Pembelajaran e-learning Geometri ini disusun sebagai bahan kuliah ditujukan kepada mahasiswa Matematika yang akan diberikan pada tahun ke-2 perkuliahan atas biaya dari LP3 Universitas Sam Ratulangi.
Modul ini terdiri atas 7 modul dan dirancang untuk dipelajari dalam satu semester, tentu saja dengan penekanan-penekanan yang diperlukan dan juga disesuaikan dengan kondisi mahasiswa dalam perkuliahan. Materi dalam modul ini terdiri dari sejarah geometri euclid, struktur geometri dan metode pembuktian, segitiga, lingkaran, parabola, hiperbola, elips, geometri transformasi dan geometri non euclid.
Disadari bahwa latar belakang dan pengetahuan awal mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi berbeda-beda, maka materi dalam modul elearning ini sengaja dirancang mulai dari tingkat dasar, sehingga dalam mempelajari materi-materi ini tidak dituntut pengetahuan awal yang canggih. Namun begitu, disediakan juga soal-soal dengan tingkat kesulitan yang agak tinggi.
Materi dari modul ini didasarkan dan sebagian diambil dari sumber-sumber pustaka yang tercantum pada Daftar Pustaka. Pembuktian sebagian teorema dan algoritma, dilakukan dalam buku ini, sebagian lagi dijadikan latihan untuk pembaca, dan lainnya, karena tingkat kesulitannya, tidak dibahas dalam buku ini dan hanya dirujuk ke sumber pustaka.
- Teacher: Jullia Titaley
a. | Menjelaskan konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika | ||||||||||||||||
Sub : | Menjelaskan konsep teoritis geometri | ||||||||||||||||
b. | Mampu melakukan eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan pembuktian formal dalam merumuskan dan memodelkan masalah dengan variabel dan asumsi yang spesifik melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa piranti lunak | ||||||||||||||||
c. | Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif model matematis yang telah tersedia dan menyajikan simpulan analisis secara mandiri atau kelompok, untuk pengambilan keputusan yang tepat | ||||||||||||||||
d. | Mengelola pembelajaran secara mandiri | ||||||||||||||||
e. | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistmatis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya | ||||||||||||||||
- Teacher: Jullia Titaley
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Persamaan Diferensial Biasa
- Dosen: Deiby Tineke Salaki
Mempelajari tentang pemrograman statistika dengan paket SAS dan R.
- Teacher: DJONI HATIDJA
- Teacher: Charles Mongi