Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Template Standar Modul eLearning Unsrat ini dibuat sebagai acuan pembuatan modul-modul eLearning matakuliah di Universitas Sam Ratulangi. Template ini dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Unsrat dengan tujuan untuk menyeragamkan dan memberi standar minimum dalam pengembangan modul eLearning sehingga memudahkan untuk dievaluasi. 

Memiliki kemampuan praktis untuk melakukan pengujian terhadap rancangan sistem keteknikan yang didukung dengan pengambilan dan validasi data  yang benar serta hasil pengujian yang diperkuat dengan situasi di lapangan sangat diharapkan ketika mahasiswa mengikuti perkuliahan ini.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK) adalah:

 1        Memiliki pengetahuan tentang analisis mesin-mesin listrik, yang meliputi tiga kategori yaitu mesin arus bolak-balik (AC), mesin arus sarah (DC) dan Transformator serta besaran tegangan, arus maupun daya yang ada pada elemen-elemen mesin berupa stator, rotor, kumparan jangkar, kumparan medan, belitan primer, belitan sekunder dan inti belitan serta komponen penting yang lain yaitu tahanan, induktor dan kapasitor baik pada AC maupun DC;

 2        Mempunyai pengetahuan teoritis yang luas atau umum di bidang teknik elektro dan pengetahuan khusus yang mendalam pada bidang keahliannya;

 3        Mampu melakukan atau merancang eksperimen (percobaan) baik secara terpisah maupun berhubungan dengan teknik elektro terkait mesin-mesin listrik dan kemudian melakukan analisis dan interpretasi data;

 4        Mampu berkerjasama dalam tim multi-disiplin dan multi-kultural;

 5        Memiliki latar belakang untuk pendidikan tahap selanjutnya.


  GAMBAR pemrograman                                   

PEMROGRAMAN KOMPUTER (FIS 2110)

Pemrograman Komputer (FIS 2110) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi Fisika FMIPA Unsrat. Mata kuliah ini disajikan pada semester empat dengan beban 3 SKS (2-1) artinya teori 2 SKS dan praktikum 1 SKS. 

Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: Konsep dasar pemrograman, algoritma dan flow chart, pengantar matlab, tipe variabel, matriks dan maniuplasi matriks, vektor, M-file. looping, decision, dan pembuatan grafik.